oleh

Adab Malam Pengantin

Ada beberapa adab dalam malam pertama bagi pengantin, yaitu antara lain :

1. Memegang Ubun-ubun Isteri dan Berdo’a Untuknya

Di anjurkan kepada seorang suami untuk meletakkan tangannya di ubun-ubun isterinya ketika pertama kali mendekatinya, seraya berdo’a kepada Allah dengan membaca :

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan kepadanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang Engkau ciptakan kepadanya.” (H.R. Abu Dawud : 2160 dan Ibnu Majah : 1918).

2. Shalat Dua Raka’at

Di anjurkan bagi seorang suami untuk mengerjakan shalat bersama isterinya setelah akad nikah, sebelum jima’. (H.R. Abdurrazaq dan Ibnu Abi Syaibah).

3. Berdo’a Ketika Jima’

Di anjurkan kepada seorang suami ketika akan jima’ dengan isterinya agar mengucapkan do’a : “Dengan Nama Allah, Ya Allah jauhkanlah kami dari
setan dan jauhkanlah setan dari (anak) yang Engkau anugerahkan pada kami.” (H.R. Muttafaq ‘alaih, Bukhari Juz 1 : 141 dan Muslim Juz 3 : 1434).

4. Cara Jima’

Seorang suami di perbolehkan menyetubuhi isterinya dengan cara apapun, asalkan pada lubang kemaluannya. (Q.S. Al-Baqarah : 223).

5. Di perbolehkan Menanggalkan Pakaian Ketika Jima’

Di perbolehkan bagi suami-isteri untuk menanggalkan seluruh pakaian mereka ketika jima’, karena hadits yang melarang hal tersebut adalah hadits yang lemah, yang tidak dapat di jadikan sebagai hujjah. (H.R. Ibnu Majah : 1921).

6. Haram Menjima’i Isteri Pada Duburnya

Di haramkan bagi seorang suami untuk menjima’i isteri pada duburnya. (H.R. At-Tirmidzi Juz 1 : 135, Ibnu Majah : 639).

7. Haram Jima’ dengan Isteri Ketika Haidh

Di haramkan jima’ dengan isteri ketika haidh (Q.S. Al-Baqarah : 222), namun seorang suami di perbolehkan bersenang-senang dengan isterinya yang sedang haidh, tetapi dari atas kain. (H.R. Muslim Juz 1 : 294).

8. Kaffarah Jika Jima’ dengan Isteri yang Sedang Haidh

Seorang suami yang menjima’i isterinya ketika haidh, maka harus membayar kaffarah.

Kaffarahnya adalah dengan bersedekah kepada kepada fakir miskin, satu dinar (Satu dinar sama dengan 4,25 gram emas), jika ia melakukannya pada permulaan keluarnya darah, atau setengah dinar jika ia melakukannya pada akhir keluarnya darah. (H.R. Abu Dawud : 265).

Kaffarah tersebut di kenakan bagi suami dan isteri.

9. Berwudhu’ Ketika Hendak Mengulangi Jima’

Di sunnahkan untuk berwudhu ketika hendak mengulangi jima’. (H.R. Muslim Juz 1 : 308 dan At-Tirmidzi Juz 1 : 141).

10. Berwudhu’ Setelah Jima’ Ketika Hendak Makan atau Tidur

Apabila setelah jima’ suami isteri hendak makan, minum, atau tidur, maka di sunnahkan untuk berwudhu’ terlebih dahulu. (H.R. Bukhari Juz 1 : 284, Muslim Juz 1 : 305, Abu Dawud : 222 dan An-Nasa’i Juz 1 : 258).

11. Mandi Junub Setelah Jima’

Setelah suami isteri melakukan jima’, maka keduanya wajib mandi junub, walaupun tidak keluar air mani. (H.R. Muttafaq‘alaih, Bukhari Juz 1 : 287 dan Muslim Juz 1 : 348).

Di perbolehkan untuk beberapa kali jima’ cukup dengan sekali mandi. (H.R. Muslim Juz 1 : 309).

12. Suami Isteri Mandi Bersama

Suami isteri di perbolehkan mandi bersama dari satu wadah, meskipun masing-masing saling melihat aurat yang lain. (H.R. Muttafaq ‘alaih, Bukhari Juz 1 : 260 dan Muslim Juz 1 : 321).

13. Tayammum Sebagai Ganti Mandi

Apabila seorang yang junub tidak mendapatkan air atau tidak bisa menggunakan air (misalnya karena sakit), maka diperbolehkan untuk melakukan tayammum sebagai ganti mandi junub. (H.R. Muttafaq‘alaih, Bukhari Juz 1 : 340 dan Muslim Juz 1 : 368).

Namun bagi orang junub yang bertayammum, ketika ia telah mendapatkan air atau sudah mampu menggunakan air, maka ia wajib mandi lagi. (H.R. Bukhari Juz 1 : 337).

14. Di haramkan Membuka Rahasia Ranjang

Di haramkan bagi suami isteri untuk membuka rahasia ranjang mereka kepada orang lain. (H.R. Muslim Juz 2 : 1437 dan Abu Dawud : 4870.


Baca juga...  Maryam Binti Jash

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya