oleh

Al-Khustul Bahri, Al-Habbatussauda’ dan As-Sabah

-Health-2 views

Al-Khustul Bahri,Al-Habatusaudah,Al-Assabah (Madu)

Beberapa jenis obat yang disebut dalam Al-Qur’an dan As-Sunah, yaitu :

a. Kurma
“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon-pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.” (Q.S. Maryam : 25-26).


b. Tajin Gandum
Rasulullah Saw selalu menganjurkan orang yang sakit minum tajin ini agar memperbaiki kekuatan si sakit.

c. Gandum
Mempunyai sifat panas dan kering, untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan stamina.

d. Habatussauda (Jintan Hitam) 
Di sebutkan di dalam Kitab Ath-Thibun Nabawi, karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dari riwayat Ibnu Umar, bahwasanya Rasulullah Saw bersabda : “Hendaklah kalian mengkonsumsi jintan hitam, karena sesungguhnya terkandung obat penyembuh dari segala macam penyakit, kecuali kematian.” (H.R. Ibnu Majah dan An-Nasa’i).

Dari riwayat Aisyah Ra, bahwasannya beliau telah mendengar Rasulullah Saw bersabda : “Sesungguhnya jintan hitam ini adalah obat penyembuh dari segala macam penyakit, kecuali kematian.” (H.R. Imam Bukhari).

Di sebutkan pula dari riwayat Abu Hurairah Ra, bahwasanya beliau telah mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya di dalam jintan hitam itu terdapat obat penyembuh segala macam penyakit, kecuali kematian.” (H.R. Imam Muslim).

Di riwatkan Anas Ra, bahwasanya Rasulullah Saw apabila menderita suatu penyakit, beliau meniupkan pada telapak tangan setangkup dari jintan hitam (syuniz), kemudian beliaupun meminumnya bersama dengan air dan madu.” (H.R. Ath-Thabrani di dalam Al-Mu’jam Al-Ausath).

Baca juga...  Sejarah Al-Hijamah (Bekam) Dalam Islam

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya