oleh

Beberapa Larangan Terhadap Kaum Laki-Laki Muslim

Larangan-larangan agama terhadap kaum laki-laki muslim

Berikut adalah beberapa hal yang terlarang bagi laki-laki muslim yang beriman jika memakai atau mengenakannya pada jasamani atau tubuh atau badan, seperti haramnya berpakaian dari jenis sutera untuk kaum laki-laki, apa saja hal yang di larang oleh Agama Islam jika di pakai oleh laki-laki? berikut beberapa di antaranya, yaitu :

Haram bagi laki-laki memakai kain atau pakaian berbahan sutera, tidak buat perempuan.

Dari Umar bin Khaththab Ra, ia berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Janganlah kalian memakai kain sutera, karena barang siapa yang memakainya ketika di dunia, niscaya dia tidak akan memakainya ketika di akhirat kelak.” (H.R. Muttafaq’alaih). Dari Umar bin Khaththab Ra juga, ia berkata : “Saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya orang yang memakai pakaian sutera di dunia tidak akan mendapat bagiannya.” (H.R. Muttafaq‘alaih).

Dalam riwayat Imam Bukhari disebutkan, yaitu : “Tidak akan mendapat bagiannya di akhirat, tidak mendapat keberuntungan baginya.” Dari Anas Radhiyallahu‘anhu ia berkata, Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa memakai kain sutera di dunia, maka ia tidak akan memakainya di akhirat kelak.” (H.R. Muttafaq‘alaih).

Haram memakai emas bagi laki-laki, tidak buat perempuan.

Ali bin Abu Thalib Ra berkata : “Saya melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengambil sutera lalu meletakkannya pada sisi kanannya dan mengambil emas lalu meletakkannya pada sisi kirinya, kemudian beliau bersabda: “Sesungguhnya kedua benda ini haram bagi umatku yang laki-laki.” (H.R. Abu Dawud).

Dari Abu Musa Al-Asy’ari Ra, bahwasanya Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam bersabda : “Di haramkanlah mengenakan pakaian sutera dan emas atas kaum lelaki dari ummatku dan di halalkan untuk kaum wanitanya.” (H.R. At-Tirmidzi).

Baca juga...  Tentang Mahar

Haram bagi makan dan minum dari bejana atau wadah yang terbuat dari emas dan perak, berlaku buat laki-laki dan perempuan.
 
Dari Hudzaifah Ra, dia berkata : “Nabi Shallallahu‘alaihi wasallam melarang kami minum dan makan dari bejana yang terbuat dari emas dan perak dan melarang kami memakai kain sutera dan dibaj (kain sutera campuran) serta duduk di atasnya.” (H.R. Imam Bukhari).

Orang yang berpenyakit gatal boleh mengenakan pakaian sutera.
Dari Anas Radhiyallahu‘anhu dia berkata, bahwasanya Nabi Shallallahu’alaihi wasallam pernah memberi keringanan kepada Zubair dan Abdurrahman bin Auf Radhiyallahu‘anhuma untuk memakai kain sutera karena penyakit gatal yang di derita keduanya. (H.R. Muttafaq’alaih).

Di larang duduk atas kulit harimau dan menggunakannya.

Dari Mu’awiyah Radhiyallahu‘anhu, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam bersabda : “Janganlah kalian duduk pada alas yang terbuat dari sutera dan dan kulit harimau.” (H.R. Abu Dawud).

Dari Abilmalih dari ayahnya Radhiyallahu‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam melarang naik (duduk) di atas kulit binatang buas. (H.R. Abu Dawud, At-Tirmidzi dan An-Nasa’i).

Dalam riwayat At-Tirmidzi di sebutkan beliau melarang menggunakan kulit binatang buas sebagai alas atau sebagai permadani atau untuk tikar atau di gunakan sebagai apa saja.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya