oleh

Bekam Pada Tengkuk

Para dokter berselisih pendapat dalam masalah bekam di atas tengkuk, di dalam kitab At-Thibun Nabawi, Abu Na’im menyebutkan sebuah hadis marfu’, “Sebaiknya kalian melakukan bekam di tengah sebelah atas tengkuk, karena dapat menyembuhkan lima penyakit.” (H.R. At-Thabrani). Di sebutkan di antaranya adalah penyakit lepra, di dalam hadis lain di sebutkan pula, “Sebaiknya kalian melakukan bekam di tengah sebelah atas tengkuk, karena bisa menyembuhkan 72 penyakit.” Sekelompok orang di antara mereka menganggapnya baik dan mereka mengatakan, “Sesungguhnya bekam itu bisa menyembuhkan rabun dan benjolan yang timbul di mata, serta banyak penyakit mata lainnya, juga berkhasiat mengatasi sakit pada belakang alis dan pelupuk mata.

Di riwayatkan bahwa Ahmad bin Hanbal membutuhkan bekam, lalu ia dibekam di kedua sisi tengkuknya dan dia tidak di bekam di sebelah atas tengkuknya, di antara pakar medis yang tidak menyukainya adalah penulis Al-Qanun, ia menegaskan, “Sesungguhnya bekam pada titik tersebut dapat menimbulkan kelupaan, sebagaimana di sabdakan Nabi Saw, bahwasanya bagian otak belakang adalah letak kemampuan hafalan dan bekam bisa menghilangkan kemampuan tersebut.” karena itu hati-hatilah menempatkan bekam tatkala melakukannya.
 

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa hadis ini tidaklah benar, kalaupun benar bahwa bekam bisa melemahkan bagian otak belakang jika di lakukan yang hanya tidak perlu pada saat di butuhkan, adapun jika penggunaannya hadis ini merupakan penggalan dari hadis sebelumnya, karena adanya dominasi darah pada selaput otak, justru bekam itu akan berguna secara medis maupun syar’i.
 

Kebenarannya telah di tetapkan dalam hadis Nabi Saw, bahwasannya beliau melakukan bekam di beberapa tempat pada bagian tengkuknya, sesuai kebutuhan dan melakukan bekam di tempat selain tengkuk, sesuai kebutuhan.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru