oleh

Berbagai Ilmu Dalam Islam Hingga Tasawuf

Ilmu tasawuf adalah salah satu cabang ilmu Islam yang penting seperti ilmu Islam lainnya, pembahasan ilmu tasawuf itu berbeda dengan ilmu lainnya, sebab hal ini berhubung kait dengan hati dan pengalaman batin.

Hal ini di sebabkan oleh suatu fakta, bahwa fitrah manusia itu tidak saja merasakan adanya wujud yang sempurna dan mutlak, yaitu Allah, tapi juga mempunyai kecenderungan untuk menyembah dan mengenali-Nya.

Oleh itu, ilmu tasawuf senantiasa mengajarkan cara-cara berakhlak mulia agar manusia bisa lebih dekat lagi kepada Allah yang Maha Suci, dengan demikian, secara umum ilmu tasawuf mengajarkan bagaimana meningkatkan kesedaran akan hakikat diri sebagai hamba dengan mensucikan zahir dan batin secara konsisten, agar hubungan dengan Allah Ta’ala semakin dekat.

Secara umum ajaran Islam dapat di kelompokkan menjadi tiga bidang ilmu penting, yaitu: ‘aqidah, syari‘ah dan akhlaq, aqidah adalah perbahasan yang mengandung masalah keimanan yang di bahas dalam ilmu usuluddin.

Syari’ah adalah pembahasan yang berkenaan dengan hukum ‘amali yang terdapat dalam ilmu fiqh. Akhlaq adalah pembahasan mengenai penyucian dan pendekatan diri kepada Allah yang di bahas dalam ilmu tasawuf.

Ketiga-tiga bidang ilmu utama itu mengalami perkembangan pemahaman, dalam bidang aqidah misalnya, lahir ilmu tauhid dan ilmu kalam, dengan beberapa alirannya.

Dalam bidang syari’ah, lahirlah ilmu fiqh dengan beberapa mazhab, seperti mazhab Syafi’i, Maliki, Hambali dan Hanafi dan di bidang akhlaq lahirlah ilmu tasawuf seperti tasawuf akhlaqi, ‘amali dan naẓari.

Ketiga-tiga asas utama ajaran Islam itu merupakan sistem yang saling berkaitan, oleh itu mesti di fahami secara keseluruhan, untuk mencapai tujuan ma’rifatullah secara praktikal para sufi membuat papan ukur amalan-amalan tazkiyyat al-nafs yang harus di praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga...  Hukum Zhihar

Amalan-amalan itu berupa tahapan-tahapan yang mesti di lalui oleh seorang salik, tahapan-tahapan pengamalan yang di kenal ramai adalah syari‘ah, thariqat dan haqiqat.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya