oleh

Dalil Mengenai Pengobatan Ala Islam

Dalil mengenai pengobatan ala Islam

Banyak ayat Al-Qur’an yang mengisyaratkan tentang pengobatan, karena Al-Qur’an itu sendiri di turunkan sebagai penawar dan Rahmat bagi orang-orang yang mukmin, terdapat penjelasan dalam Al-Quran, yaitu : “Dan kami menurunkan Al-Qur’an sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang yang mu’min.”(Q.S. Al-Isra : 82). Menurut para ahli tafsir, bahwa nama lain dari Al-Qur’an yaitu “Asy-syifa” yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh.”, Allah juga berfirman : “Hai manusia, telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Q.S. Yunus : 57).

Al-Qur’an juga mengisyaratkan tentang pengobatan juga menceritakan tentang keindahan alam semesta yang dapat kita jadikan sebagai sumber dari pembuat obat-obatan. “Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu, seperti zaitun, kurma, anggur dan buah-buahan lain selengkapnya, sesungguhnya pada hal-hal yang demikian terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan.” (Q.S. An-Nahl : 11).

“Dan makanlah oleh kamu bermacam-macam sari buah-buahan, serta tempuhlah jalan-jalan yang telah digariskan Tuhanmu dengan lancar, dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam jenisnya di jadikan sebagai obat untuk manusia, di dalamnya terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan.” (Q.S. An-Nahl : 69).

Metoda Pengobatan Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul yang di perintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umat-Nya tidak lepas tingkah lakunya dari Al-Qur’an, karena beliau di jadikan sebagai suri tauladan yang baik untuk semua manusia, Allah berfirman : “Sesungguhnya pada diri Rasul itu ada terdapat suri tauladan yang baik untuk kamu, bagi orang-orang yang mengharapkan Rahmat dan hari kemudian dan yang banyak yang memuja Allah.” (Q.S. Al-Ahzab : 21). Kata Imam Ali : “Sesungguhnya semua tingkah laku Nabi Muhammad Saw adalah Al-Qur’an.”

Baca juga...  Tentang Bekam

Selanjutnya kita bahas tentang TENTANG BEKAM

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru