oleh

Dalil Tentang Ucapan Adzan Shalat Subuh

Apa dalilnya ucapan azan dalam shalat fajar ini : Asshalaatu khairumminannaumi dan apakah pendapat terhadap mereka yang mengucapkan : Asshalaatu khairumminannaumi ? Apakah ada dalilnya?

Jawab : Terdapat riwayat yang kuat dari Rasulullah Saw, bahwa beliau memerintahkan Bilal dan Abu Mahzurah tentang hal tersebut, yaitu ucapan Asshalaatu khairumminannaumi dalam adzan shalat shubuh, sebagaimana terdapat dalam riwayat Anas Ra, bahwa beliau berkata : “Merupakan sunnah dalam adzan shalat subuh, seorang mu’azin mengucapkan Asshalaatu khairumminannaumi.

Kalimat ini di ucapkan dalam adzan yang di kumandangkan saat terbitnya fajar atau subuh dan menurut pendapat yang paling shahih di antara dua pendapat para ulama dan di namakan adzan pertama jika di kaitkan dengan iqamat, karena iqamat di sebut juga adzan kedua, sebagaimana hadits Rasulullah Saw, “Di antara dua adzan terdapat shalat dan terdapat riwayat yang shahih di riwayatkan oleh Bukhari dari Aisyah Radiallahuanha yang menunjukkan kebenaran atas hal tersebut.

Semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita dan kepada seluruh kaum muslimin untuk selalu mengikuti sunnah Rasulullah Saw dan menggenggamnya erat-erat, karena itu merupakan jalan keselamatan dan kebahagiaan bagi seluruh ummat.

Baca juga...  Pertanyaan Tentang Hukum Membaca Niat Ketika Hendak Shalat

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya