oleh

Fatimah Binti Yahya

-Muslimah-2 views

FATIMAH BINTI YAHYA

Fatimah bint Yahya adalah seorang Mujtahidah di abad ke 9.
Mujtahidah (bentuk feminin dari Mujtahid) adalah seorang ulama yang cakap yang dapat membuat deduksi (menarik kesimpulan) dari sumber-sumber hukum Islam, pada gilirannya, mereka menggunakan kesimpulan ini untuk memberikan hukum sesuai dengan keadaan dan kebutuhan seseorang dari masyarakat. 

Bagi orang yang di beri gelar Mujtahidah harus memiliki ilmu ijma para sahabat dan yang menyelisihinya, para pengikut mereka tabi’in dan tabi’ut tabi’in dan ulama-ulama fiqh dan Mujtahid yang terkemuka, karenanya untuk menjadi seorang Mujtahidah, bukanlah suatu perkara yang mudah, namun Fatimah bint Yahya mampu dan pantas mendapatkannya.

Sedemikian ilmunya, sehingga ayahnya seorang ulama yang juga memiliki banyak murid di tanyai oleh Fatimah berkenaan dengan beberapa perkara fiqh. Ulama besar Asy-Syaukani berkata mengenai dirinya : “Dia sangat di kenal karena ilmunya. Dia telah mendebat ayahnya dalam beberapa perkara fiqh, ringkasnya, Mujtahid (atau Mujtahidah) adalah orang yang berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk mengetahui suatu hukum syar’i.


Ayahnya, sang imam, membenarkan bahwa Fatimah melakukan ijtihad dalam menarik kesimpulan hukum, ini menunjukkan akan kelebihan ilmunya, karena sang imam tidak akan berkata demikian kecuali bagi orang yang pantas mendapatkannya.


Ayahnya menikahkannya dengan seorang ulama Al-Mutahar Ibn Muhammad Sulaiman Ibn Muhammad (wafat tahun 879H). 


Al-Mutahar sangat beruntung, karena kapanpun dia bimbang dalam suatu perkara, dia akan merujuk kepada isterinya untuk menilai perkara fiqh yang sulit, bahkan di tengah-tengah para muridnya, ketika dia terbentur pada sebuah perkara yang rumit, dia akan bangkit Ialu menuju ke balik tirai, di mana sang Mujtahidah duduk di baliknya, ketika dia kembali dengan jawaban, murid-muridnya berkata : “Ini bukan darimu, melainkan dari orang yang berada di balik tirai.”

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya