oleh

Hal-Hal Yang Najis

Apa itu hal-hal yang najis?

Najis di bagi menjadi dua antara lain :

1. ‘Ainiyah.
Najis ‘Ainiyah yaitu najis pada zat itu sendiri (zat-zat yang najis), ini tidak bisa di tentukan kecuali berdasarkan dalil.

2. Hukmiyah.
Najis Hukmiyah yaitu benda najis yang jatuh pada tempat atau sesuatu yang suci, sehingga menjadikan sesuatu yang suci tersebut menjadi najis.

Macam-macam Najis ‘Ainiyah

Macam-macam najis ‘ainiyah antara lain :

  1. Air seni manusia. (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim).
  2. Kotoran manusia. (H.R. Abu dawud).
  3. Madzi, madzi adalah cairan putih (bening) encer dan lengket, yang keluar ketika naik syahwat, tidak menyembur, tidak di ikuti dengan rasa lemas dan terkadang keluar tanpa terasa, hal ini biasa di alami oleh pria dan wanita, madzi adalah najis, oleh karena itulah Nabi Saw memerintahkan untuk membasuh kemaluan darinya. (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

4. Wadi.
Wadi adalah cairan bening dan agak kental yang keluar setelah buang air kecil, hukum wadi sama dengan madzi. (H.R. Al-Baihaqi).


5. Darah haidh. (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

6. Darah yang mengalir.
(Q.S. Al-An’am : 145). Darah yang mengalir yang di maksud adalah darah yang mengalir dari binatang darat ketika di sembelih.
7. Kotoran hewan yang tidak halal di makan dagingnya. (H.R. Ibnu Majah).

Adapun kotoran dan kencing hewan yang dagingnya halal untuk di makan, maka hukumnya adalah suci, karena Nabi Saw pernah menyuruh seorang untuk meminum kencing unta. (H.R. Imam Bukhari).

8. Air liur anjing. (H.R. Imam Muslim).

9. Babi, tidak ada perbedaan pendapat kalangan para ulama tentang najis dan haramnya daging babi, lemaknya dan seluruh anggota badannya. (H.R. Imam Bukhari).

Baca juga...  Waktu Yang Di Makruhkan Shalat Jenazah

10. Bangkai, bangkai adalah hewan yang mati tanpa di sembelih secara syar’i, bangkai najis berdasarkan ijma’, termasuk bangkai adalah bagian yang di potong dari hewan yang masih hidup.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru