oleh

Hikmah Nazhar

Apa itu Nazhar?

Nazhar adalah melihat wanita calon isteri, para ulama’ telah bersepakat atas di perbolehkannya bagi seorang laki-laki yang akan menikah untuk melihat wanita yang akan di nikahinya. (H.R. Muslim dan An-Nasa’i).

Di antara hikmah nazhar adalah agar lebih melanggengkan kasih sayang di antara kedua pasangan, di riwayatkan dari Al-Mughirah bin Syu’bah : “Sesungguhnya ia melamar seorang wanita, maka Nabi Saw bersabda (kepadanya), “Lihatlah wanita tersebut, karena dengan melihat akan lebih melanggengkan kasih sayang di antara kalian berdua.” (H.R. At-Tirmidzi).

Batasan Ketika Nazhar

Batasan-batasan saat proses nazhar adalah ketika nazhar wanita tersebut harus di temani mahramnya. (H.R. Bukhari dan Muslim). Ketika nazhar di perbolehkan bagi seorang laki-laki untuk melihat wajah dan kedua telapak tangan wanita yang di nazhar, ini adalah pendapat Jumhur ulama’.

Adapun jika laki-laki tersebut melihatnya secara sembunyi-sembunyi, maka di perbolehkan melihat apa saja yang dapat mendorongnya untuk untuk menikahi wanita tersebut, ini adalah pendapat Ibnu Hazm dan Dawud Azh-Zhahiri. (H.R. Ibnu Majah).

Ketika nazhar tidak di perbolehkan untuk menyentuh wanita yang di nazhar, karena wanita tersebut belum halal baginya. (H.R. Ath-Tabrani). Ketika nazhar di perbolehkan untuk bertanya dan berbicara kepada wanita yang di nazhar, karena sesungguhnya suara wanita di dalam pembicaraan
yang biasa bukanlah aurat, ini berdasarkan pendapat yang kuat. (Q.S. Al-Ahzab : 32).


Baca juga...  Tentang Shalat Jama' Setelah Suci Dari Haidh Waktu Ashar & Isya

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya