oleh

Islam dan Kesehatan Jiwa Manusia

-Health-1 views

Islam dan kesehatan jiwa manusia

Masalah utama yang timbul dalam suatu masyarakat modern adalah :
1. Terjadinya disintegrasi dari masyarakat tradisional karena terjadi perubahan dalam masyarakat itu secara cepat.
2. Berkembangnya paham Qadariah yang sangat bergantung pada akal, seolah-olah Allah tidak ikut lagi dalam suatu keberhasilan.
3. Dengan terjadinya rongrongan terhadap agama, moral, budi pekerti dan warisan budaya lama, menimbulkan ketidakpastian fundamental di bidang hukum, moral, norma, nilai dan etika kehidupan.
4. Ketergantungan masyarakat kepada kekuatan modern.
5. Kebenaran-kebenaran mutlak yang terdapat dalam ajaran agama disisihkan oleh sebagian masyarakat karena dianggap kuno.


Perubahan-perubahan sosial yang begitu cepat akibat akselerasi modernisasi, dapat menyebabkan masyarakat kehilangan identitas diri, sehingga masyarakat modern sangat mudah terserang penyakit stress, depresi dan kecemasan. Di sisi lain, kemajuan sains dan teknologi sebagai tulang punggung modernisasi, tanpa disadari telah terjadi penyalahgunaanya, sehingga mengakibatkan dampak negatif berupa kerusakan lingkungan hidup, polusi, perambahan hutan, pengotoran laut dari limbah industri dan berbagai macam kerusakan alam lainnya.


Kerusakan alam dan lingkungan hidup tersebut, disebabkan oleh pola dan gaya hidup modern yang terlepas dari ajaran dan bimbingan agama. Hal inilah yang dinyatakan oleh Allah dalam Al-Qur’an, yang artinya, “telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (Q.S. Al-Rum : 41).

Pada era modern sekarang ini, teknologi di bidang informasi dan komunikasi akan maju dengan pesat, sehingga tidak ada lagi batas ruang dan waktu antara satu negara dengan negara lain. Manusia sebagai individu, kelompok dan sebagai satu bangsa akan sangat mudah untuk saling mengenal dan mengenal dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini akan membawa dampak pada interaksi sosial, sehingga terjadilah aksi saling mempengaruhi, intimidasi antara satu bangsa dengan bangsa lainnya, yang mungkin akan melahirkan suatu sistem pembudakan modern.


Aksi penghancuran moral merambah generasi muda dari kota hingga desa, aksi-aksi tersebut berupa buku-buku bacaan yang tidak mendidik, tontonan televisi yang memasarkan pada kekerasan, pornografi dan segala macam perbuatan amoral lainnya, selanjutnya merebaknya penghalahgunaan obat-obat yang terlarang, narkoba dan sejenisnya yang melibatkan hampir semua lapisan masyarakat, menunjukkan bahwa agama sudah mulai ditinggalkan.


Orang tidak mengatakan: “komitmen agama dapat mencegah dan melindungi seseorang dari penyakit meningkatkan kemampuan mengatasi penyakit dan mempercepat penyembuhan”. Agama sebenarnya lebih bersifat prefentif dan pencegahan, selain gangguan kejiwaan akibat lingkungan yang rusak, tidak kurang pentingnya gangguan dari pengaruh lingkungan masyarakat yang tak terdidik.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya