oleh

Jual Beli yang Di Larang Karena Ada Sebab

Ada beberapa jual beli yang di larang karena ada sebabnya, di antaranya :

1. Jual beli setelah adzan Jum’at
Di haramkan melakukan transaksi jual beli setelah terdengar adzan jum’at bagi orang yang berkewajiban melaksanakan Shalat Jum’at. (Q.S. Al-Jumu’ah : 9).

Jual beli yang di lakukan setelah terdengar adzan Jum’at (bagi orang yang berkewajiban melaksanakan Shalat Jum’at) adalah tidak sah.

Ini adalah pendapat yang masyhur di kalangan Malikiyah dan Hanabilah dan termasuk yang di haramkan pula melakukan akad-akad yang semisal dengan dengan jual beli.

2. Jual beli di dalam masjid
Di larang melakukan transaksi jual beli di dalam masjid, karena masjid bukan di bangun untuk itu, tapi masjid di bangun untuk berdzikir kepada Allah, mendirikan shalat, belajar mengajar ilmu agama dan yang semisalnya. (H.R. At-Tirmidzi Juz 3 : 1321).

3. Menjual mush-haf kepada orang kafir
Para fuqaha’ telah bersepakat atas tidak di perbolehkannya menjual mush-haf Al-Qur-an kepada orang kafir. (H.R. Bukhari Juz 3 : 2828 dan Muslim Juz 3 : 1869).

4. Menjual sesuatu untuk membantu kemaksiatan (Q.S. Al-Ma’idah : 2).
Tujuan membantu kemaksiatan di ketahui dengan informasi dari pembeli atau adanya dugaan yang kuat dari penjual, bahwa barang yang akan di belinya nantinya akan di gunakan untuk kemaksiatan.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru