oleh

Kebebasan Perempuan Dalam Mencari Ilmu

-Muslimah-2 views

Apabila perempuan tidak bersuami, maka dia bisa mencari ilmu dan tidak seorang pun yang mencegahnya untuk belajar, namun apabila dia menikah dan mempunyai suami, maka dia harus menjaga hak-hak suaminya dan anak-anaknya.

Untuk melanjutkan pendidikan, dia harus bermusyawarah dan saling memahami dengan suaminya.

Kebebasan Dalam Memilih Tempat Tinggal

Jika perempuan tidak mempunyai suami, maka dia sangat bebas dalam memilih rumah, namun apabila dia mempunyai suami, maka dia harus mcngikuti suami dalam memilih tempat tinggal.

Menyediakan tempat tinggal adalah tanggung jawab suami dan salah satu otoritasnya, namun tempat tinggal harus sesuai dengan keadaan keluarga dan kemampuan finansial, yang menjamin ketenangan dan ketenteraman keluarga.

Apabila mereka hidup bersama dalam satu rumah sementara istri meminta rumah pribadi dengan alasan ketenangan dan sang suami mampu, maka sang suami harus memenuhi keinginan istrinya.

Demikian juga apabila rumah mereka kecil atau di sana selalu terdapat gangguan dan istri meminta penggantian rumah, maka jika suaminya mampu, dia harus melaksanakan keinginan istrinya karena semua ini termasuk contoh pergaulan yang baik.

Allah Swt di dalam Al-Qur’an berfirman : “Dan bergaullah dengan mereka secara patut.” Dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan mereka.”

Kendatipun memilih tempat tinggal adalah otoritas laki-laki, tetapi perempuan bisa menyarankan tempat tinggal khusus dalam akad nikah atau menjadikannya sebagai otoritasnya.

Apabila suami menerima, maka dia harus mengikuti istri dan apabila dia melanggar, maka dia berdosa.

Baca juga...  Puteri Sa'id Bin Al-Musayyib

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya