oleh

Lima Macam Ubudiyah Lisan

Ubudiyah lisan ada lima macam, yaitu : Yang wajib adalah mengucapkan syahadatain, membaca apa yang harus di baca dari isi Al-Qur’an, seperti yang menjaga keabsahan shalat, mengucapkan dzikir-dzikir yang wajib dalam shalat seperti yang di perintahkan Allah dan Rasul-Nya. Baca : Penopang Ubudiyah Muslim Dalam Keseharian.

Membalas ucapan salam, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, mengajari orang yang bodoh, menunjuki orang yang sesat, memberikan kesaksian yang di butuhkan, berkata jujur dan lain-lainnya.

Sedangkan yang sunat bagi lisan adalah membaca Al-Qur’an, terus-menerus menyebut asma Allah, menggali ilmu yang bermanfaat dan lain-lainnya.

Sedangkan yang haram bagi lisan ialah mengucapkan perkataan apa pun yang di benci Allah dan Rasul-Nya, menyampaikan bid’ah yang bertentangan dengan ketetapan Allah dan Rasul-Nya, menyeru kepada bid’ah, menuduh dan mencaci orang Muslim, dusta, memberikan kesaksian palsu dan mengatakan tentang Allah tanpa didasari pengetahuan.

Sedangkan yang makruh bagi lisan ialah mengatakan sesuatu, padahal andaikata hal itu tidak dikatakan, maka akan lebih baik, hal ini tidak mengakibatkan siksaan.

Ubudiyah yang harus dilakukan anggota tubuh ada dua puluh lima, karena indera ada lima dan masing-masing indera mempunyai lima kewajiban, yang meliputi wajib, sunat, haram, makruh dan mubah.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru