oleh

Manfaat Bekam

-Health-1 views

Manfaat Bekam

Adapun manfaat bekam adalah membersihkan melalui permukaan badan lebih efektif daripada dengan terapi pengeluaran darah dengan menusukan urat, sedangkan untuk badan yang lebih dalam, terapi pengeluaran darah dengan menusukan urat lebih efektif, adapun bekam akan mengeluarkan darah kotor melalui kulit.
Bekam di sunahkan di lakukan pada pertengahan bulan, umumnya, pada minggu ketiga dalam sebulannya, karena pada awal bulan darah belum bergolak dan menggelora, sedangkan pada akhir bulan darah sudah tenang kembali, adapun pada pertengahan bulan dan beberapa hari setelahnya darah bergolak hingga kepuncaknya.

Penulis kitab Al-Qanun mengatakan, bahwa di anjurkan melakukan bekam bukan pada awal bulan, karena pencampuran tidak sedang bergerak menggelegak, tidak juga pada akhir bulan, akan tetapi pada pertengahan bulan, di mana pada saat itu darah sedang berada dipuncak pergerakan dan gejolaknya, karena bertambahnya cahaya dalam kesempurnaan bulat rembulan.
 

Di riwayatkan dari Nabi Muhammad Saw, bahwa beliau bersabda, “Hal terbaik bagi pengobatan kalian semua adalah bekam, terapi pengeluaran darah dengan menusuk urat.” (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim). Dalam sebuah hadis, “Sebaik-baik obat adalah bekam dan terapi pengeluaran darah dengan menusuk urat.” (H.R. Al-Hakim). Sabda Nabi Saw, “Sebaik-baiknya obat yang kalian gunakan adalah bekam”, ini di indikasikan untuk penduduk hijaz dan Negara-Negara yang bercuaca panas, karena darah mereka encer, yakni bahwa bekam itu lebih cocok terhadap tubuh mereka sehingga mampu menarik keluar panas tubuh dan berkumpul di balik kulit.
 

Karena pori-pori tubuh mereka lebar dan stamina tubuh mereka bagus, namun, cuci darah berbahaya untuk mereka, bekam dapat memecah saluran darah, tetapi tetap sealur dan konsisten, diiringi dengan keterbukaannya sumbatan pembuluh darah, terutama pembuluh yang tidak banyak mengeluarkan darah.

Di riwayatkan dari Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Hadis Anas dengan lafal, “Sesungguhnya pengobatan yang ideal bagi kalian adalah bekam.” Meskipun cuci darah pada masing -masing organ tubuh tetap memberikan khasiat, contohnya adalah cuci darah pada dada amat sangat berguna mengobati lever dan limpa yang panas, demikian juga berbagai peradangan berdarah, selain juga berguna mengobati radang paru-paru, juga bermanfaat ntuk usus dan ginjal serta berbagai penyakit darah dari mulai mulut hingga pinggul.

Adapun bekam di pundak amat berguna mengobati penyakit pundak dan leher, bekam di bagian pelipis amat berguna mengobati penyakit kepala dan bagian-bagiannya, seperti wajah, gigi, telinga, mata, hidung dan kerongkongan, kalau terjadi karena kelebihan darah atau darah kotor atau karena keduanya. 

Anas Ra berkata, “Rasulullah Saw membekam kedua buah otot lehernya dan bagian atas punggung dekat leher.” (H.R. At-Tirmidzi dan Al-Hakim).

Baca juga...  Menjaga Kesehatan Dalam Dua Kata: Makanlah dan Jangan berlebihan

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya