oleh

Menjaga Kesehatan Dalam Dua Kata: Makanlah dan Jangan berlebihan

Makanlah dan Jangan berlebihan

Semua usaha dalam menjaga kesehatan terhimpun dalam dua kata yang berasal dari firman Allah Swt ini, tidak di sangsikan lagi bahwa tubuh senantiasa berada dalam proses penguraian dan penggantian materi-materi yang di perlukan.

Selama terjadi banyak penguraian, suhu panas akan menurun karena
kehabisan materinya. Artinya, jika terjadi banyak penguraian maka sifat basah yang merupakan materi bagi suhu panas akan habis. Apabila suhu panas menurun maka kinerja pencernaan berangsur melemah.

Menjaga Kesehatan yang Utama Adalah Rutin Menjaga Fisik

Hal ini tetap berlangsung demikian sampai sifat basah habis dan suhu panaspun lenyap total, pada saat itulah sang hamba menemui ajal yang di tetapkan oleh Allah Swt, dengan demikian, tujuan pengobatan manusia bagi dirinya sendiri dan orang lain adalah menjaga fisik sedemikian rupa, sehingga tidak sampai pada kondisi tersebut.

Bukan berarti memaksakan harus tetap ada suhu panas dan sifat basah agar senantiasa membuat tubuh awet muda, sehat dan kuat. Hal ini tidak akan bisa dicapai manusia di muka bumi ini.

Tujuan Seseorang tabib

Tujuan seorang tabib antara lain adalah melindungi sifat basah dari kebusukan dan hal-hal yang merusak lainnya serta melindungi suhu panas dari semua faktor yang menurunkannya dan juga menormalkan keduanya melalui pengolahan yang adil oleh tubuh manusia sebagaimana dengan keadilan pula langit dan bumi serta seluruh makhluk di semesta alam ini bekerja.

Siapa saja yang memerhatikan petunjuk nabi dengan seksama pasti mendapatinya sebagai petunjuk yang paling utama dalam menjaga kesehatan, terjaganya kesehatan tegantung pada sebaik apa pengaturan pola makan dan minum, cara berpakaian, tempat tinggal, udara, pola tidur, gerak dan diam, pola hubungan seksual, pembuangan sia-sia metabolism, dam asupan nutrisi.

Baca juga...  Diagnosis Penyakit Setelah Melakukan Bekam

Apabila semua ini berjalan secara seimbang, harmonis dan selaras dengan fisik, kondisi negeri, usia dan kebiasaan maka kesehatan dan keselamatan dapat lebih konsisten samapai ajal tiba.

Kesehatan Adalah Nikmat Tak Ternilai Dari Allah

Karena kesehatan merupakan salah satu nikmat terbesar dari Allah Swt bagi hamba-Nya, juga merupakan karunia-Nya yang paling berharga, bahkan keselamatan mutlak merupakan nikmat terbesar, maka sangat pantas bila orang yang di karuniai taufik untuk memerhatikannya, menjaganya dan melinduginya dari segala sesuatu yang berlawanan dengannya.

Al-Bukhari telah meriwayatkan dalam Shahih-nya dari hadis Ibnu ‘Abbas, dia berkata, “Rasulullah Saw bersabda, “Dua kenikmatan yang banyak manusia merugi dalamnya adalah kesehatan dan waktu luang.”

Fisik yang Sehat Seolah-olah Dunia Terhimpun Padanya

Pada At-Tirmidzi dan lainnya di riwayatkan dari hadis Abdullah bin Muhshan Al-Anshari, dia berkata, “Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa fisiknya sehat, aman dalam kelompoknya dan memiliki makanan pada hari itu maka seolah-olah dunia di himpun olehnya.”

Apabila arti keselamatan dan kesehatan sedemikian pentingnya kami sajikan beberapa petunjuk Nabi Saw dalam menjaga hal tersebut. Jelas bagi orang yang menelitinya bahwa ini merupakan petunjuk yang paling sempurna secara mutlak.

Dengannya, orang dapat menjaga kesehatan fisik sekaligus hatinya, juga kehidupan dunia dan akhiratnya, semoga Allah Swt memberi pertolongan, kepada-Nya kita bertawakal, tidak ada daya dan upaya ataupun kekuatan kecuali dengan-Nya.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru