oleh

Najis Di Ketahui Setelah Selesai Shalat, Apakah Shalat Di Ulangi?

Jika seseorang mendapatkan najis pada bajunya setelah mengucapkan salam dari shalatnya, apakah dia harus mengulanginya?

Jawab: Siapa yang shalat sementara di badannya atau bajunya terdapat najis sedangkan dia tidak mengetahuinya kecuali setelah shalat, maka shalatnya shahih menurut salah satu pendapat terkuat diantara dua pendapat para ulama, begitu juga jika dia telah mengetahuinya terlebih dahulu kemudian lupa saat pelaksanaan shalat dan baru ingat setelah selesai melaksanakan shalat, maka shalatnya sah, berdasarkan firman Allah Ta’ala:

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah ” (Q.S. Al-Baqarah : 286). Begitu juga terdapat riwayat yang shahih dari Rasulullah Saw, bahwa saat beliau shalat suatu hari terdapat pada terompahnya kotoran, kemudian malaikat Jibril memberitahunya akan hal tersebut, maka beliau melepas terompah tersebut lalu meneruskan shalatnya dan tidak mengulanginya dari awal dan hal ini termasuk kemudahan dan rahmat dari Allah Ta’ala kepada hamba- Nya.

Adapun jika seseorang shalat sedangkan dia lupa bahwa dirinya memiliki hadats, maka dia harus mengulangi shalatnya berdasarkan kesepakatan para ulama. Sebagaimana hadits Rasulullah Saw : “Tidak di terima shalat seseorang tanpa bersuci dan shadaqah yang berasal dari barang (hasil) tipuan.” (H.R. Shahih Muslim dalam Shahihnya). Begitu juga berdasarkan hadits Rasulullah Saw : “Tidak di terima shalat salah seorang di antara kamu jika dia memiliki hadats sampai dia berwudhu.” (H.R. Muttafaq’alaih),

Baca juga...  Tentang Membedakan Antara Haidh & Istihadhah

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya