oleh

Pengertian Qardh

-Muamalah-1 views

Tentang Qardh

Qardh adalah memberikan piutang kepada orang lain yang membutuhkan, di riwayatkan dari Abu Hurairah Ra ia berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda :

“Barangsiapa mengangkat dari seorang mukmin satu kesengsaraan dari kesengsaraan-kesengsaraan di dunia, maka Allah akan mengangkat darinya satu kesengsaraan dari kesengsaraan Hari Kiamat. Barangsiapa
memudahkan orang yang berada dalam kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di Akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan di Akhirat dan Allah selalu menolong hamba selama hamba tersebut
membantu saudaranya.” (H.R. Muslim Juz 4 : 2699).

Semua yang boleh untuk di jual, maka ia boleh untuk di hutangkan dan pemberi hutang haruslah termasuk orang yang pemberiannya sah, semua hutang yang mendatangkan manfaat adalah riba yang di haramkan.

Tidak tergolong riba bila tidak di akadkan

Misalnya seseorang memberi hutang dengan syarat ia boleh tinggal di rumah orang yang di hutanginya atau seorang memberi hutang seratus ribu dengan syarat mengembalikannya seratus dua puluh ribu, namun jika manfaat tersebut tidak di syaratkan ketika akad dan orang yang berhutang memberikannya sebagai ungkapan terima kasih, maka hal tersebut di perbolehkan.

Baca juga...  Al-Gharar

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya