oleh

Pengertian Ghasb

Ghasb adalah merampas harta orang lain tanpa hak. Allah berfirman : “Dan janganlah sebagian kalian memakan harta sebagian yang lainnya dengan cara yang batil dan janganlah kalian membawa urusan harta tersebut kepada hakim, agar kalian dapat memakan sebagian dari harta orang lain itu dengan cara berbuat dosa, padahal kalian mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah : 188).

Ghasb hukumnya haram dan merupakan bentuk kezhaliman karena mengambil sesuatu dari orang lain tanpa kerelaan.

Di riwayatkan dari ‘Aisyah Ra, bahwa Nabi Saw bersabda : “Barangsiapa berbuat zhalim dengan (mengambil) sejengkal tanah, maka (pada Hari Kiamat) akan di kalungkan kepada(nya) tujuh lapis bumi.” (H.R. Muttafaq‘alaih, Bukhari Juz 2 : 2321 dan Muslim Juz 3 : 1612).

Di riwayatkan pula dari ‘Abdullah bin ‘Umar Ra ia berkata, bahwa Nabi Saw bersabda : “Barangsiapa mengambil sedikit tanah tanpa haknya, maka ia akan di benamkan dengannya pada Hari Kiamat sampai tujuh lapis bumi.” (H.R. Bukhari Juz 2 : 2322).

Macam-macam Kezhaliman

Kezhaliman terbagi menjadi tiga, antara lain :

1. Kezhaliman yang tidak di ampuni oleh Allah, kezhaliman yang tidak di ampuni oleh Allah adalah kesyirikan.

2. Kezhaliman yang di ampuni oleh Allah, kezhaliman yang di ampuni oleh Allah adalah kezhaliman seorang hamba kepada Allah selain kesyirikan, selama orang tersebut melakukan taubat.

3. Kezhaliman yang tidak di biarkan oleh Allah, kezhaliman yang tidak di biarkan oleh Allah, yaitu kezhaliman antar sesama hamba. Allah akan memberikan hukuman kepada hamba yang berbuat zhalim tersebut.

Baca juga...  Al-Lafazhat (Ungkapan Kata-Kata)

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru