oleh

Pengertian Hadhanah

Apa itu hadhanah?

Hadhanah adalah mengasuh anak yang belum mampu mengurus urusannya sendiri, jika kedua orang tua berpisah, baik karena perceraian atau kerena meninggal dunia, maka orang yang paling berhak untuk
mengasuh anak yang masih kecil (belum mumayyiz) menurut madzhab Malikiyah adalah :

1. Ibunya, selama ibunya belum menikah lagi
Karena ibu lebih sayang, lebih sabar, lebih mengerti tentang pendidikannya dan perkembangan anaknya, ini adalah ijma’ ulama’. (H.R. Ahmad dan Abu Dawud : 2276).

2. Nenek dari pihak ibu

3. Bibi dari pihak ibu
Karena kedudukan bibi dari pihak ibu seperti kedudukan ibu. (H.R. Bukhari Juz 2 : 2252, At-Tirmidzi Juz 4 : 1904 dan Abu Dawud : 2280).

4. Nenek dari pihak bapak

5. Saudara perempuan anak tersebut

6. Bibi dari pihak bapak

7. Keponakan perempuan dari saudara laki-laki

8. Orang yang menerima wasiat

9. Orang yang paling utama di antara ‘ashabah
Jika anak tersebut telah mumayyiz (berusia tujuh tahun), maka ia diberikan pilihan antara ikut bapak atau ibunya, ini adalah madzhab Asy-Syafi’i dan Ahmad.

Di riwayatkan dari Abu Hurairah Ra, bahwa ada seorang wanita datang kepada Rasulullah Saw dan berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya suamiku ingin pergi dengan (membawa) anakku, padahal ia yang mengambilkan air dari sumur Abu ‘Inabah untukku dan ia sangat bermanfaat bagiku.”

Rasulullah Saw bersabda, “Berundinglah kalian berdua mengenai anak itu.” Suaminya berkata, “Siapa yang menolak hakku terhadap anakku?” Maka Nabi a bersabda, “Ini adalah bapakmu dan ini ibumu, maka ambillah tangan salah satu dari keduanya yang engkau kehendaki.” Maka anak tersebut mengambil tangan ibunya. Lalu ibunya membawanya pergi.” (H.R. An-Nasa’i Juz 6 : 3496, Abu Dawud : 2277 dan Ibnu Majah : 2351).

Baca juga...  Kebebasan Perempuan Dalam Mencari Ilmu

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru