oleh

Pengertian Luqathah

Apa maksud luqathah dalam Islam?

Luqathah adalah sesuatu barang temuan yang tidak di ketahui pemiliknya, di perbolehkan untuk mengambil luqathah dan mengumumkannya.

Harta yang hilang terbagi menjadi tiga, antara lain :

a. Sesuatu yang tidak di sukai oleh kebanyakan orang, seperti cemeti, tongkat, sebutir kurma, sebutir anggur, kue, buah dan yang semisalnya. Barang tersebut boleh di ambil dan di miliki jika tidak di temukan pemiliknya dan tidak wajib untuk mengumumkannya. (H.R. Muttafaq ‘alaih, Bukhari Juz 2 : 2299 dan Muslim Juz 2 : 1071).

b. Hewan yang dapat melindungi diri dari binatang buas yang kecil, seperti unta, sapi, kuda, burung dan lain-lain, barang-barang temuan seperti ini tidak boleh di ambil, barangsiapa mengambilnya, maka ia bertanggung jawab dan mengumumkannya selamanya.

c. Sesuatu selain dua jenis di atas, seperti uang, peralatan, tas, hewan yang tidak mampu melindungi dari binatang buas, misalnya kambing, anak unta dan lain-lain, maka boleh di ambil jika seorang merasa mampu menjaganya dan mampu untuk mengumumkannya. Barang temuan tersebut di umumkan selama satu tahun di tempat-tempat keramaian. (H.R. Muttafaq‘alaih, Bukhari Juz 1 : 91 dan Muslim Juz 3 : 1722).

Baca juga...  Perbedaan Asuransi Komersial dan Asuransi Ta'awun

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru