oleh

Pengertian Syirkah (Persekutuan)

Apa itu syirkah atau persekutuan?

Syirkah adalah penggabungan modal atau kegiatan bisnis antara dua orang atau lebih untuk menghasilkan keuntungan.

Syirkah harus di iringi dengan kejujuran dan amanat jika di dalamnya terdapat khianat, maka hilanglah keberkahan syirkah.

Macam-macam Syirkah

Syirkah ada dua macam, yaitu :

a. Syirkah harta
Syirkah harta adalah gabungan dua orang atau lebih dalam hak harta, seperti gabungan dalam kepemilikan tanah, pabrik, mobil dan lain sebagainya.

Salah satu dari mereka tidak boleh bertindak, kecuali dengan izin rekannya dan ia boleh bertindak pada apa yang menjadi haknya saja.

b. Syirkah akad
Syirkah akad adalah gabungan dalam akad yang telah di sepakati, syirkah jenis ini ada beberapa macam, antara lain :

 Syirkah ‘inan
Syirkah ‘inan adalah berserikatnya dua orang atau lebih yang sama-sama mengeluarkan modal dan melakukan pekerjaan, kemudian hasilnya di bagi di antara mereka berdua.

Keuntungan dan kerugian di bagi berdasarkan prosentase modal masing-masing, menurut persyaratan dan kesepakatan bersama.

- Syirkah mudharabah
Syirkah mudharabah adalah berserikatnya dua orang atau lebih, yang satu memberikan modal sedangkan yang lain mengembangkan modal tersebut dalam bentuk suatu usaha, lalu keuntungan dan kerugian di bagi berdasarkan kesepakatan bersama.

- Syirkah wujuh
Syirkah wujud adalah berserikatnya dua orang atau lebih dengan menggunakan kedudukan atau jabatan yang mereka miliki, keuntungan di bagi berdasarkan kesepakatan bersama.

– Syirkah abdan
Syirkah abdan adalah berserikatnya dua orang atau lebih dengan badan (tenaga) mereka, karena tidak ada modal, kemudian hasil dari kerja badan mereka tersebut di bagi di antara mereka.

Misalnya berserikatnya tukang pembawa barang, tukang pencari kayu dan yang semisalnya.

Baca juga...  Pengertian Wadi'ah Dalam Islam

- Syirkah muwafadhah
Syirkah mufawadhah adalah gabungan dari empat bentuk syirkah di atas, keuntungan dan kerugian di bagi berdasarkan kesepakatan bersama.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru