oleh

Perbedaan Asuransi Komersial dan Asuransi Ta’awun

-Muamalah-1 views

Beberapa Perbedaan Antara Asuransi Komersial Dengan Asuransi Ta’awun

perbedaan antara asuransi komersial dengan asuransi ta’awun adalah sebagai berikut :

1. Asuransi komersial bertujuan untuk mencari keuntungan, sedangkan asuransi ta’awun bertujuan untuk saling tolong menolong.

2. Asuransi komersial mengharuskan pihaknya untuk menanggung kerugian yang terjadi pada nasabah berdasarkan kesepakatan secara sendirian, sedangkan penggantian kerugian dalam asuransi ta’awun di ambilkan dari jumlah premi para anggota yang ada dalam simpanan lembaga tersebut.

3. Asuransi komersial sebagai penangggung merupakan pihak luar, sedangkan dalam asuransi ta’awun penanggung sekaligus sebagai yang tertanggung.

4. Asuransi komersial menggunakan premi dari nasabah untuk usaha dan mencari keuntungan, sedangkan dalam asuransi ta’awun premi tersebut di gunakan sebagai ganti rugi.

5. Asuransi komersial mengambil seluruh premi yang tidak di bayarkan kepada nasabah, sedangkan dalam asuransi ta’awun jika ada sisa premi, maka di kembalikan kepada para anggota.

6. Asuransi komersial mengandung unsur; perjudian, manipulasi, riba dan memakan harta orang lain dengan cara yang batil, sedangkan dalam asuransi ta’awun tidak ada unsur-unsur yang menyimpang tersebut.

Sumber : Ru’yat Syar’iyah fi Syarikatit Ta’min At-Ta’awuniyah, 2-3, dengan format penulisan di ringkas.

Baca juga...  Pengertian Musaqah (Merawat Pohon) dan Muzara'ah (Menggarap Tanah)

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya