oleh

Peringatan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

Beberapa Peringatan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

Ada beberapa ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi Shallallaahu’alaihi wasallam yang merupakan peringatan bagi orang yang meninggalkan shalat dan mengakhirkannya dari waktu yang semestinya, di antaranya adalah :

1. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala : “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang buruk) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kerugian.” (Q.S. Maryam : 59).

2. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala : “Celakalah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dalam shalatnya.” (Q.S. Al-Ma’un : 4-5).

3. Sabda Rasulullah Shallallaahu’alaihi wasallam : “(Yang menghilangkan pembatas) antara seorang muslim dengan kemusyrikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat.” (H.R. Imam Muslim).

4. Sabda Rasulullah Shallallaahu’alaihi wasallam : “Perjanjian antara kita dengan mereka (orang munafik) adalah shalat, barangsiapa meninggalkannya maka sesungguhnya ia telah kafir.” (H.R. Imam Ahmad, At-Tirmidzi dan An-Nasai).

5. Pada suatu hari, Rasulullah Shallallaahu’alaihi wasallam berbicara tentang shalat, sabda beliau : “Barangsiapa menjaga shalatnya maka shalat tersebut akan menjadi cahaya, bukti dan keselamatan baginya pada hari kiamat nanti dan barangsiapa tidak men-jaga shalatnya, maka dia tidak akan memiliki cahaya, tidak pula bukti serta tidak akan selamat, kemudian pada hari Kiamat nanti dia akan (dikumpulkan) bersama-sama dengan Qarun, Fir’aun, Haman dan Ubay Ibnu Khalaf.” (H.R. Imam Ahmad, At-Thabrani dan Ibnu Hibban).

Baca juga...  Shalat Witir

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya