oleh

Pertanyaan Tentang Shalat Yang Terbuka Bahunya

Sebagian orang ada yang shalat fardhu dalam keadaan terbuka kedua bahunya, khususnya pada saat pelaksanaan ibadah haji, yaitu saat mengenakan pakaian ihram.

Apakah hukumnya?

Jawab : Jika dia tidak mampu menghindarinya, maka tidak mengapa baginya hal yang demikian itu berdasarkan firman Allah Ta’ala: “Bertaqwalah kalian semampu kalian.” (Q.S. At-Taghabun : 16).

Dan juga berdasarkan hadits Rasulullah Saw dari Jabir bin Abdullah Ra : “Jika bajunya lebar maka berselimutlah dengannya dan jika bajunya, sempit maka jadikanlah sebagai kain sarung.” (H.R. Muttafaq Alaih).

Adapun jika dia mampu untuk menutup kedua bahunya atau salah satu di antara keduanya, maka wajib baginya untuk menutup keduanya atau salah satu diantara keduanya menurut salah satu pendapat ulama yang lebih kuat, jika hal tersebut dia abaikan maka shalatnya tidak sah, berdasarkan hadits Rasulullah : “Janganlah salah seorang diantara kalian shalat dengan mengenakan satu baju yang tidak terdapat diatas bahunya sesuatu apapun.” (H.R. Muttafaq ‘alaih).

Baca juga...  Pertanyaan Tentang Hadist Shalat Fajar & Shalat Awal Waktu

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya