oleh

Sujud Syukur

Apa dan bagaimana itu sujud syukur?

Sujud syukur adalah sujud yang di lakukan oleh seseorang di sebabkan karena mendapatkan nikmat yang besar atau terhindar dari suatu bencana, misalnya ketika seseorang baru di karunia anak oleh Allah, setelah dalam waktu yang lama menanti kehadiran anak, selamat dari musibah besar, menemukan barang berharga yang hilang dan semisalnya.

Sujud syukur termasuk petunjuk Rasulullah Saw dan para sahabatnya, di riwayatkan dari Abu Bakrah, ia berkata : “Bahwasanya Nabi Saw dahulu apabila mendapatkan sesuatu yang menggembirakan atau di beritahu tentang hal itu, maka beliau menunduk sujud dalam rangka syukur kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala.” (H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Juga pada hadits dari Ka’ab bin Malik, yaitu : “Bahwasanya ketika datang kabar gembira bahwa Allah menerima taubatnya ia bersujud.” (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Hukum Sujud Syukur
Hukum sujud syukur adalah di sunnahkan ketika ada sebabnya, inilah pendapat ulama Syafi’iyah dan Hanabilah. (H.R. Imam Ahmad).

Tata Cara Sujud Syukur
Tata caranya sujud syukur adalah dengan melakukan satu kali sujud dan tidak di syari’atkan takbir, tasyahud dan salam dalam sujud syukur.

Bacaan Sujud Syukur
Tidak ada do’a khusus dari Nabi Saw untuk sujud syukur, hendaknya di dalam sujud tersebut di isi dengan memperbanyak syukur kepada Allah, berkata Imam Syaukani, “Bagi yang melakukan sujud syukur selayaknya memperbanyak syukur kepada Allah, karena maksud sujud ini adalah syukur kepada Allah yang telah memberinya nikmat.”

Baca juga...  Orang Yang Berhak Menerima Zakat Maal

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya