oleh

Tasawuf Akhlaki

TASAWUF AKHLAKI

Bagian terpenting tujuan tasawuf adalah memperoleh hubungan langsung dengan Tuhan sehingga merasa dan sadar berada dalam hadirat Tuhan, semua sufi berpendapat bahwa satu-satunya jalan yang dapat mengantarkan seseorang ke hadirat Allah hanyalah dengan kesucian jiwa, sejalan dengan tujuan hidup tasawwuf, para sufi berkeyakinan bahwa kebahagian yang pari purna dari langgeng bersifat spiritual.





Para sufi berpendapat bahwa untuk merehabilitasi sikap mental yang tidak baik di perlukan terapi yang tidak hanya dari aspek lahiriah, untuk itu, dalam tasawuf akhlaqi, sistem pembinaan akhlak di susun berikut ini :

  1. Takhalli, adalah usaha mengosongkan diri dari perilaku atau akhlak tercela.
  2. Tahalli, adalah upaya mengisi atau menghiasi diri dengan jalan membiasakan diri dengan sikap, prilaku dan akhlak terpuji.

Sikap mental dan perbuatan yang baik yang sangat penting di isikan kedalam jiwa manusia akan di biasakan dalam perbuatan dalam rangka pembentukan manusia paripurna, antara lain sebagai berikut :
a.Taubat, yaitu rasa penyesalan sungguh-sungguh dalam hati yang di sertai permohonan ampun serta berusaha meninggalkan perbuatan yang menimbulkan dosa.
b. Cemas dan Harap (khauf dan raja’), yaitu perasaan yang timbul karena banyak berbuat salah dan seringkali lalai kepada Allah.
c. Zuhud, yaitu meninggalkan kehidupan duniawi dan melepaskan diri dari pengaruh materi.
d. Al-Faqr, yaitu sikap yang tidak menuntut lebih banyak dari apa yang telah di punyai dan merasa puas dengan apa yang sudah di miliki sehingga tidak meminta sesuatu yang lain.
e.Al-Sabru, yaitu suatu keadaan jiwa yang kokoh, stabil dan konsekwen dalam pendirian.
f. Ridha, yaitu menerima dengan lapang dada dan hati terbuka terhadap apa saja yang datang dari Allah.
g. Muraqabah, yaitu sikap siap dan siaga setiap saat untuk meneliti keadaan diri sendiri.
h. Tajalli adalah usaha pemantapan dan pendalaman materi yang telah di lalui pada fase sebelumnya untuk mencapai kesempurnaan kesucian jiwa.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel terbaru