oleh

Tentang Jual Beli

-Muamalah-1 views

Seorang muslim dan muslimah hendaknya berupaya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dari hasil usahanya sendiri. (H.R. Bukhari Juz 2 : 1966).

Hendaknya seorang muslim dan muslimah tetap optimis dan tetap menempuh cara yang baik dalam menjemput rizqinya, karena suatu jiwa tidak akan pernah meninggal dunia hingga ia menghabiskan seluruh rizqi yang telah di tetapkan baginya. (H.R. Ibnu Majah : 2144).

Di antara cara untuk mencari penghidupan adalah dengan berdagang (jual beli). Dan Rasulullah Saw mendo’akan rahmat kepada seorang muslim yang baik dalam transaksi jual belinya.

Sebagaimana di riwayatkan dari Jabir Ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Semoga Allah merahmati seseorang yang bersikap mudah jika ia menjual, membeli, dan menuntut haknya.” (H.R. Bukhari Juz 2 : 1970).

Jual beli adalah tukar menukar harta dengan memindahkan kepemilikan harta tersebut kepada orang lain dengan harga tertentu.

Pada artikel berikutnya kita bahas masalah fiqh tentang jual beli di dalam Islam, karena orang yang tidak mengerti tentang fiqh jual beli, maka ia di khawatirkan akan melakukan jual beli yang terlarang.

Berkata ‘Umar bin Khaththab Ra : “Janganlah berjual beli di pasar kami, kecuali orang yang mengerti tentang fiqh (jual beli).” (H.R. At-Tirmidzi Juz 2 : 487).

Selanjutnya Hukum dan Rukun Jual Beli

Baca juga...  Tentang Jual Beli Mata Uang

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya