oleh

Tentang Riba

-Muamalah-1 views

Pengertian Riba

Riba adalah tambahan terhadap sesuatu yang di haramkan oleh syari’at. Riba merupakan salah satu dosa besar yang pelakunya di ancam dengan laknat. (H.R. Muslim Juz 3 : 1598).

Riba memiliki tujuh puluh tiga pintu dan pintu yang paling ringan adalah seperti seorang menzinai ibunya. (H.R. Al-Hakim Juz 2 : 2259).

Riba juga merupakan salah satu dari tujuh dosa yang membinasakan. (H.R. Muttafaq‘alaih, Bukhari Juz 3 : 2615 dan Muslim Juz 1 : 89).

Dan orang yang memakan riba, maka kelak pada Hari Kiamat akan di bangkitkan seperti orang yang kesurupan. (Q.S. Al-Baqarah : 275).

Sehingga dengan demikian orang yang beriman di perintahkan oleh Allah untuk menjauhi riba. Allah berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum di ambil) jika kalian adalah orang-orang yang beriman. Jika kalian tidak meninggalkan (sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangi kalian. Dan jika kalian bertaubat (dari mengambil riba), maka bagi kalian pokok harta kalian, kalian tidak menganiaya (diri sendiri) dan tidak pula dianiaya.” (Q.S. Al-Baqarah : 278 – 279).

Baca juga...  Pengertian Rahn Dalam Islam

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya