oleh

Tentang Syari’at Adzan dan Iqamat Bagi Wanita

Apakah wajib bagi wanita untuk melakukan adzan dan iqamat, baik dalam keadaan tidak bepergian seorang diri atau di tanah lapang atau bersama-sama?

Jawab : Tidak di syari’atkan bagi wanita untuk melakukan adzan dan iqamat, baik dalam keadaan menetap atau bepergian, sesungguhnya adzan dan iqamat hanyalah untuk kaum laki-laki.

Jika seseorang lupa untuk melakukan iqamat dan kemudian melakukan shalat, apakah hal tersebut akan berpengaruh pada hukum shalatnya, baik dia dalam keadaan sendiri atau bersama jama’ah?

Jawab : Jika seseorang shalat sendirian atau berjama’ah tanpa melakukan iqamat (sebelumnya), maka shalatnya tetap sah dan bagi mereka yang melakukan hal tersebut hendaknya bertaubat kepada Allah, begitu juga halnya jika mereka shalat tanpa melakukan adzan, maka shalatnya sah, karena adzan dan iqamat termasuk fardhu kifayah dan keduanya di luar syarat sah shalat.

Dan bagi siapa yang meninggalkan adzan dan iqamat, hendaknya bertaubat kepada Allah atas perbuatannya itu, karena akan menjadi fardhu kifayah jika semua orang meninggalkannya, maka seluruhnya akan berdosa, akan tetapi jika ada sebagian melaksanakannya, maka gugurlah kewajiban dan dosa bagi yang lainnya, baik dalam keadaan menetap atau sedang bepergian, baik di kampung atau kota atau pedalaman.

Semoga Allah memberi taufiq kepada seluruh kaum muslimin atas apa saja yang di ridhai-Nya.

Baca juga...  Hukum Zhihar

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya