oleh

Ajaran Thariqat Terhadap Pengembangan Pendidikan

-Tasawuf-4 views

Pengaruh Thariqah Terhadap Pengembangan Pendidikan

Hakikat pendidikan dalam agama islam adalah implementasi nilai-nilai agama, pendidikan bertujuan memperluas kesadaran diri dan mengurangi keterasingan diri dari lingkungan dan proses aktualisasi diri.

Bergabung pada ajaran thariqah karena kebutuhan pendalaman ilmu tentang agama Islam, khususnya yang berkaitan dengan aqidah dan syariat dirasakan masih kurang, bahwa ”model pengajian dan pembelajaran oleh Thariqah Naqsabandiyah” yang di ajarkan guru setiap dua kali seminggu mirip dengan sistem pembelajaran di madrasah, hal ini mempermudah dalam menarik simpati masyarakat.

Teori tentang aqidah dan syari’at yang di ajarkan selalu di arahkan oleh guru untuk selalu di terapkan dalam bentuk tindakan yang mulia, baik, jujur serta bertanggung jawab, praktek dalam kehidupan sosial lebih di tekankan sebagai jama’ah thariqah untuk terus dapat berperan aktif dalam kegiatan sosial keagamaan baik yang berupa fisik maupun non fisik.

Hal ini terbukti dengan pembangunan sumber daya manusia atau masyarakat lebih menonjol di bandingkan dengan daerah lain dyang tidak ada ajaran thariqah-nya, pendidikan thariqah yang di maksud adalah dengan cara mengikuti dengan khidmat ajaran thariqah, baik yang berupa pengajian rutin, dzikir berjama’ah dan kegiatan khataman.

Khususnya khasanah ilmu agama aqidah dan syari’at, jama’ah menjadi sadar akan pentingnya pembangunan sumber daya manusia, praktek dari teori yang di ajarkan dalam thariqah tersebut di terapkan kedalam kehidupan nyata, seperti memperhatikan kualitas pendidikan agama dan pendidikan umum bagi anak dan cucunya.

Sebagai contoh dari rangkaian kegiatan yang di jalani adalah sebuah hikmah dari kesimpulan mengikuti ajaran thariqah dapat di simak dari kejadian berikut ini, masyarakat yang mengikuti thariqah, mereka lebih mudah dalam menyikapi berbagai masalah, namun semua itu tidak luput dari berbagai macam cobaan atau ujian.

Yang di dapat dari dzikir dalam ajaran thariqah itu adalah fikiran lebih tenang, jalan hidup sudah terlihat, bahkan pada saat tawajjuhan ada seorang ibu yang pada waktu itu ada pembangunan masjid thariqah, karena dia bingung mau memberikan sumbangan dalam bentuk apa, tetapi dia tidak membawa uang, dengan spontan dia mengambil kalung yang ada di lehernya untuk di sumbangkan ke masjid untuk pembangunan.

Pengaruhnya sangat luar biasa karena semua guru yang ada di madrasah dan TPQ itu merupakan jama’ah thariqah, mereka tidak terlalu memikirkan berapa gaji mereka, padahal setiap bulan mereka mendapat gaji di bawah standart, tapi dapat terlihat, semua yang menjadi jama’ah, kehidupan ekonominya seperti tercukupi saja.

Mereka sangat semangat apabila saat tawajjuhan berjama’ah, karena di situ mereka bisa bertemu dengan teman sesama jama’ah, sehingga rasa kekeluargaannya sangat erat, mereka tidak memperlihatkan “ini lo saya ikut thariqah, bahkan saat dzikir pun mereka sembunyi.

Menyampaikan ajaran agama Islam, terutama thariqah di tengah-tengah masyarakat, adalah sangat penting bagi perkembangan kualitas hidup manusia, hasil dari ajaran tersebut dapat di rasakan secara batiniah oleh individu masyarakat tersebut.

Mempraktekan teori thariqah kedalam sikap, perilaku dan pola pikir manusia ternyata tidak mudah, namun pasti bisa di lakukan jika jama’ah tersebut benar-benar berkomitmen untuk mengimplementasikan ajaran tersebut kedalam kehidupan nyata dalam rangka bertaqwa kepada Allah Swt.

Membumikan ajaran thariqah ke alam nyata, yaitu kehidupan yang sesungguhnya yang bersentuhan langsung dengan aktifitas masyarakat, bagaimana mempraktekkan teori ajaran thariqah sesuai dengan perkembangan masyarakat, tentu dengan di landasi nilai-nilai spiritual yang di dapatkan dari pembelajaran di majelis thariqah.

Rata-rata jama’ah thariqah yang sudah berusia lanjut justru menjadi oase di tengah keringnya aktifitas keagamaan yang kurang di perhatikan oleh generasi muda, itulah keunikan thariqah, tempat berkumpulnya para tetua dan di sukai oleh para kawula muda, karena pendidikan yang di dapatkan di sana adalah jasmani dan rohani.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya