oleh

Tokoh Sufisme Sunni

-Tasawuf-1 views

Tokoh Sufisme Sunni

Adapun para tokohnya adalah :
1. Hasan Al-Basri, keprihatinannya melihat gaya hidup dan kehidupan masyarakat yang telah terpengaruh oleh duniawi, dasar pendiriannya yang paling utama adalah zuhud terhadap kehidupan duniawi sehingga ia menolak segala kesenangan dan kenikmatan duniawi. Prinsip kedua Hasan Al-Bashri adalah Al-khauf dan raja’, dengan pengertian merasa takut kepada siksa Allah karena berbuat dosa dan sering melakukan perintah-Nya.


2. Rabiah Al-Adawiyah, bahwa sejak masa kanak-kanaknya dia telah hafal Al-Qur’an dan sangat kuat beribadah serta hidup sederhana, cinta murni kepadaTuhan adalah puncak ajarannya dalam tasawuf yang pada umumnya di tuangkan melalui sya’ir-sya’ir dan kalimat-kalimat puitis, cinta kepada Allah adalah satu-satunya cinta menurutnya sehingga ia tidak bersedia mambagi cintanya untuk yang lainnya, seperti kata-katanya “Cintaku kepada Allah telah menutup hatiku untuk mencintai selain Dia”.

3. Dzinun Al-Misri, sedikit sekali yang dapat di ketahui tentang silsilah keturunan dan riwayat pendidikannya, karena masih banyak orang yang belum mengungkapkan masalah ini, tapi demikian telah disebut-sebut oleh orang banyak sebagai seorang sufi yang tersohor dan tekemuka diantara sufi-sufi lainnya pada abad 3 Hijriah.
4. Abu Hamid Al-Ghazali, dia diberi gelar Hujjatul Islam, karyanya yang paling penting adalah Ihya ‘Ulumuddin, dalam karyanya tersebut, dia menguraikan secara terinci pendapatnya tentang tasawuf, serta menghubungkannya dengan fiqh maupun moral agama.

TASAWUF FALSAFI

Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional, tasawuf ini menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya, yang berasal dari berbagai macam ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.

Konsep-konsep mereka yang disebut dengan tasawuf falsafi yakni tasawuf yang kaya dengan pemikiran-pemikiran filsafat, ajaran filsafat yang paling banyak dipergunakan dalam analisis tasawuf adalah Paham emanasi neo-Plotinus.

Baca juga...  Cara Mengenali Diri

Perbedaan tasawuf sunni dan salafi lebih menonjol kepada segi praktis العمل sedangkan tasawuf falsafi menonjol kepada segi teoritis النطريsehingga dalam konsep-konsep tasawuf falsafi lebih mengedepankan asas rasio dengan pendekatan-pendekatan filosofis yang ini sulit diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi orang awam, bahkan bisa dikatakan mustahil.

Kaum sufi falsafi menganggap bahwasanya tiada sesuatupun yang wujud kecuali Allah, sehingga manusia dan alam semesta, semuanya adalah Allah, mereka tidak menganggap bahwasanya Allah itu zat yang Esa, yang bersemayam diatas Arsy.

Dalam tasawuf falsafi, tentang bersatunya Tuhan dengan makhluknya,setidaknya terdapat beberapa maqam yang telah masyhur beserta para tokohnya yaitu : hulul, wadah al-wujud, insan kamil dan wujud mutlak.

Komentar

Tinggalkan Komentar dan Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya